RPL | Rekayasa Perangkat Lunak

Deskripsi Jurusan RPL

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak yang meliputi pembuatan, pemeliharaan dan menejemen organisasi pengembangan perangkat lunak serta  menejemen kualitasnya.Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Program keahliah Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim dengan konsentrasi keahlian Rekayasa perangkat Lunak  merupakan salah satu program keahlian yang dimiliki SMK negeri 2 Buduran Sidoarjo,  guna meyiapkan peserta didik yang kompeten dalam pengembangan perangkat lunak  berbasis web maupun berbasis dekstop Penggunanan teknologi digital yang mendominasi berbagai aktivitas manusia, membuat kebutuhan akan programer semakin meningkat, program keahlian pengembangan perangkat lunak dan gim  dengan  konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak memberi jawaban atas permasalahan tersebut.

Mata pelajaran kejuruan yang dipelajari terdiri dari dasar dasar pengembangan perangkat lunak dan gim yang memberikan materi tentang dasar- dasar pemrograman yang diberikan di kelas X. Di tingkat kedua dan ketiga  (kelas XI dan kelas XII) , materi kejuruan terdiri dari, Pemodelan perangkat lunak, Basis data, Pemrograman berorientasi objek, Pemrogram web dan perangkat bergerak, serta Poduk kreatif dan kewirausahaan.

Kemampuan Pokok Peserta Didik RPL

Dengan pembelajaran yang terintegrasi yang dilaksanakan di konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Peserta didik akan mempunyai kemampuan dalam membuat Program aplikasi berbasis web maupun Program aplikasi berbasis dekstop.

Pemahaman tentang Algoritma, Bahasa program, pemrograman terstruktur dan pemrograman berbasis objek diberikan  pada tingkat dasar (kelas X) sebagai  pemahaman tentang dasar- dasar pemrograman. Pada tingkatan selanjutnya (kelas XI dan kelas XII) peserta didik akan mendapat materi pemodelan perangkat lunak, basis data, pemrograman dekstop, pemrograman berorientasi objek pemrograman web dan perangkat bergerak, yang dilaksanakan secara terintegrasi pada suatu project yang outputnya masing- masing peserta didik akan menghasilkan program aplikasi berbasi web/dekstop

Fasilitas dan Sarana Jurusan RPL

Sarana dan prasarana yang tersedia pada Kompetensi Program keahlian Rekayasa Perangkat lunak  adalah:

  1. 2 Laboratorium Praktek RPL
  2. Personal Computer Bulit-Up kegiatan pembelajaran RPL
  3. Laptop
  4. Printer
  5. LCD Proyektor
  6. Barcode Scanner
  7. Akses Internet

Profil Lulusan Jurusan RPL

Peserta didik lulusan Rekayasa Perangkat mempunyai kompetensi, yang mampu menduduki profesi sebagai :

  1. Web Programer
  2. Dekstop Programer
  3. Database engineer/ Database administration
  4. Mobile Programer (Android)
  5. Game Programer
  6. IT Support dan IT Staff