Kerohanian Islam (Rohis) SMKN 2 Buduran Sidoarjo

Sie Kerohanian Islam (SKI) atau dengan istilah lain, Rohani Islam (disingkat Rohis) adalah sebuah organisasi kawah candra dimuka dalam memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis di SMKN 2 Buduran Sidoarjo ini dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler. Fungsi Rohis adalah forum, pengajaran, dakwah, dan berbagi pengetahuan Islam. Susunan dalam Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan beberapa seksi bidang yang bertugas pada bagiannya masing-masing.

Demikian halnya dengan keberadaan Rohis di SMKN 2 Buduran. Merupakan bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki kegiatan yang terstruktur dan terencana dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya kepengurusan yang terdiri dari Empat Seksi Bidang, a.l.
1. Sekbid. Pendidikan dan Kaderisasi
2. Sekbid. Pengembangan Minat dan Bakat
3. Sekbid. Dakwah dan Kajian Keilmuan
4. Sekbid. Ekonomi dan Kewirausahaan

Jika dibandingkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang lain, Rohis memiliki manfaat yang lebih untuk para siswa yang mengikuti, terutama dalam menempa siswa untuk menjadi insan yang siap lahir dan batin dalam melaksanakan perintah untuk selalu mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran dengan agenda-agenda program terstruktur, terencana dan terbimbing.

Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplet dan menyeluruh. Ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat ditemukan di sini. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jamaah di atas kepentingan pribadi.
Hal inilah yang mendasari lahirnya Rohis di SMKN2 Buduran, yakni menjadi sebuah ikhtiar dan keinginan untuk memberikan solusi kepada para pelajar Muslim di SMKN 2 Buduran untuk menambah wawasan Islam, disamping karena terbatasnya jam pelajaran di sekolah sehingga Rohis tidak hanya sebagai wadah memperdalam agama Islam, tetapi lebih dari itu adalah ajang aktualisasi siswa dalam menjalankan agama.