Pencak silat dalam perkembangannya saat ini sudah banyak peminatnya dari semua kalangan. Mulai dari anak-anak sudah dimasukan di perguruan-perguruan pencak silat yang ada, orang tua yang tahu akan peluang olahraga pencak silat. Selain untuk mencari prestasi juga dapat untuk bekal menjaga diri dari kerasnya kehidupan. Sekolah-sekolah pun sudah mulai
dimasuki perguruan-perguruan pencak silat untuk merekrut anggota dan sebagai upaya pelestarian kebudayaan yang dimiliki rumpun melayu. SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo ini juga telah memiliki ekstrakurikuler pencak silat, dengan perkembangan yang bagus. Secara umum setiap sekolah memiliki kegiatan atau program untuk mengembangkan kepribadian siswa dan menambah kegiatan siswa.

PARA PENDEKAR SMKN 2 BUDURAN BERJAYA DI KEJUARAAN TINGKAT INTERNASIONAL

Gelanggang Olah Raga (GOR) Padjajaran Bandung dan Gelanggang Olah Raga (GOR) Tri Juang Bandung, Jawa Barat, menjadi saksi atas prestasi dan kedigdayaan para pendekar PS. PO SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Momen bersejarah tersebut terukir pada Kejuaraan Pencak Silat Terbuka, PPS Paku Bumi Open IV 2019 antar pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa Tingkat Nasional, Asia dan Eropa.

Para pendekar yang menjadi jawara dari SMKN 2 Buduran pada Kejuaraan Pencak Silat Terbuka yang diselenggarakan oleh PPS (perguruan Pencak Silat) Paku Bumi ini adalah

  1. Sara Salsabilla dari kelas X Manajemen Perkantoran 2 yang meraih juara 1 Tanding Kelas G SMA Putri
  2. Dewi Putri Pratiwi, dari kelas X Bisnis Daring 2, meraih juara 1 Tanding Kelas E SMA Putri
  3. Aulia Septya Hardiani dari kelas X Teknik Informatika 4, juara 1 Tanding kelas E SMA Putri
  4. Widya Ningrum dari kelas XI Akuntansi 3, juara 2 Tanding Kelas A SMA Putri
  5. Rafi Utbah Abdurrahman dari kelas XII Perbankan, meraih juara 1 Seni Tunggal Putra SMA.

Prestasi yang telah diukir di ajang kejuaraan Pencak Silat tingkat Nasional, Asia dan Eropa ini membuktikan bahwa SMKN 2 Buduran berkontribusi besar terhadap pengembangan potensi para pemuda Indonesia, khususnya di bidang seni bela diri Pencak Silat sebagai warisan budaya asli Nusantara.

+ Siapa kita? …

– Indonesia!!

+ Siapa kita?…

– Indonesia!!

 + INDONESIA !!!

Jaya, Jaya, Jaya, Rrruarrrr Biasa ….