Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Pada tahun ini Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Jawa Timur diselenggarakan di Sidoarjo dan Surabaya. SMK Negeri 2 Buduran berkontribusi dalam penyelenggaraan LKS tersebut sebagai tuan rumah bidang lomba Graphic Design Technology, IT/Networking Support, IT/Software Aplication, Web Design, Animation, Visual Merchandising, Accounting, Bilinual Secretary, Marketing, Perbankan dan Alfamart. SMK Negeri 2 Buduran dalam ajang ini meraih penghargaan di bidang lomba :

  1. Juara II Bidang Lomba Perbankan
  2. Juara II Bidang Lomba IT Aplication

Semoga kedepannya SMK Negeri 2 semakin jaya dan meraih kejuaraan-kejuaraan yang lain.

SMK Negeri 2 Buduran “Unggul, Mumpuni, Excellent”