Pentas Seni (Pensi) SMKN 2 Buduran

14 Pebruari 2019

Pentas seni yang diadakan oleh anak-anak pengurus OSIS SMKN2 Buduran, merupakan agenda program kerja  tahunan yang menampilkan pertunjukkan seni dalam berbagai bentuk, seperti: pertunjukan musik, tarian, drama/teater dan berbagai macam bentuk ktreatifitas seni lainnya yang dilakukan oleh para siswa dan siswi yang tergabung dalam beberapa kegiatan ekstra kurikuler di  SMKN 2 Buduran, yang kesemuanya ada 14 macam jenis kegiatan ekskul.

Ada yang berbeda dg pelaksanaan Pensi tahun ini. Ya, perbedaan itu adalah, adanya  kegiatan bazar dg berbagai macam menu makanan khas daerah Sidoarjo yang kesemuanya dikelola oleh sendiri oleh siswa, mulai dari pemilihan menu, memasak dan menjual masakan yang siap disajikan kepada pembeli, yang tidak lain adalah teman-teman mereka sendiri dan Bapak/Ibu guru.  Hal ini dilakukan untuk mengasah jiwa interpreneur siswa-siswi di SMKN 2 Buduran yang awalnya memang menjadi sekolah dengan brand Sekolah Bisnis Manajemen.

Adapun tujuan/manfaat pentas seni itu sendiri menurut Gilang sebagai ketua pelaksana kegiatan Pensi tahun ini, cukup sederhana, yaitu sebagai sebuah ajang pertunjukan bakat bagi para siswa / siswi untuk menyaluran kreatifitas mereka, serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukan yang layak bagi berbagai kegiatan seni yang mereka minati.

Meskipun demikian, sebagaimana pelaksanaan pensi di beberapa sekolah yang lain, pensi yang diadakan pada Kamis 14 Pebruari 2019 di SMKN2 Buduran  tidak hanya  kegiatan yang dilihat dan dilaksanakan oleh para siswa/siswi sebagai pengisi acara, namun     juga mengundang artis / band sebagai pengisi acara, kali ini yang menjadi bintang tamu adalah DJ …….. dan  group band …………

Meski demikian,  pensi diisi dengan semua ajang kreatifitas siswa / siswi SMKN2 Buduran sendiri, sehingga para siswa / siswa dapat berekspresi sesuai dengan bakatnya masing-masing, dan tidak menghilangkan tujuan awal diadakannya kegiatan ini.

Itulah mengapa kegiatan pensi menjadi agenda rutin tahunan dan merupakan proker wajib bagi para pengurus OSIS di SMKN 2 Buduran. Hal ini mereka wujudkan sebagai bentuk ekspresi untuk menunjukkan prestasi di bidang non akademik. Selama ini banyak doktrin yang diberikan pada siswa bahwa mereka yang bernilai akademik saja yang bakal sukses. Sebenarnya dengan sebuah pertunjukan pensi semacam ini mereka juga sudah bisa dikatakan berhasil menunjukkan prestasinya di bidang non akademik, tutur Drs. H. Jamhuri, MM selaku Waka Bidang Kesiswaan SMKN 2 Buduran.

Disamping itu kegiatan pensi juga menjadi ajang siswa untuk belajar berinteraksi dengan orang lain. Dengan menjadi EO bagi kegiatan pensi, mereka akan belajar bagaimana mengelola sebuah acara, termasuk belajar untuk menghadapi banyak orang dengan beragam karakter. Hal ini bisa dijadikan bekal tambahan ketika nantinya mereka terjun ke masyarakat,” lanjut Bapak Jamhuri.

Dibalik nuansa hura-hura pensi, yang perlu dipertahankan adalah bagaimana sebuah kepanitiaan itu mampu belajar banyak tentang berbagai hal. Karena bagi mereka masa SMK ini, adalah masa belajar banyak hal, kesempatan peserta didik terbuka lebar untuk balajar hal-hal seperti ini. Tidak hanya melulu duduk tenang mendengarkan ocehan guru dalam kelas, belajar matematika, fisika, kimia, ekonomi, dll.