Apakah kalian kebingungan dalam mengatur uang jajan atau uang saku kalian saat sekolah? Berikut Tips dari Smenda Web tentang cara mengatur uang saku. cekidot :

1. Usahakan Sarapan di Rumah
Sebelum Melakukan Aktivitas Pada umumnya, pengeluaran terbesar dari uang saku ialah untuk membeli makanan di luar. Terlalu sering membeli makanan di luar akan membuat uang saku Anda tidak tersisa. Maka, sebelum melakukan aktivitas, usahakan untuk makan di rumah terlebih dahulu, sehingga tidak merasa lapar pada saat menjalankan aktivitas, misalnya sekolah, kuliah, atau bekerja. Dengan begitu, uang saku yang seharusnya keluar untuk membeli makanan bisa untuk Anda sisihkan untuk ditabung.

2. Biasakan Membawa Bekal
Makanan yang higienis merupakan makanan yang diolah sendiri. Makanan yang sudah di masak di rumah bisa dijadikan sebagai bekal untuk dibawa ke sekolah atau kampus. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran uang saku. Dengan membawa bekal Anda bisa menyisihkan uang saku yang seharusnya untuk membeli makan siang. Selain menghemat uang saku cara ini juga berguna untuk menjaga dan menjamin kebersihan makanan yang dimakan.

3. Pilih Barang Murah tapi Berkualitas
Ketika memerlukan perlengkapan sekolah atau kampus pilih barang yang murah tapi berkualitas. Anda bisa melakukan perbandingan dari toko satu ke toko lain untuk mendapatkan harga yang murah dan kualitas yang baik. Untuk keperluan sekolah atau kampus, Anda tidak perlu mengikuti berbagai model yang marak di pasaran, misalnya ingin membeli barang-barang karena bentuknya lucu, padahal harganya mahal. Pilihlah barang yang memang dibutuhkan dengan kualitas yang lebih baik. Hal itu bisa mengurangi pengeluaran uang saku Anda.

4. Memanfaatkan Fasilitas Gratis
Untuk menghemat pengeluaran uang saku tips yang ini juga bisa Anda gunakan. Memanfaatkan semua fasilitas gratis yang ada, seperti wifi atau buku pinjaman. Pihak sekolah atau kampus pasti menyediakan fasilitas tersebut, karena fasilitas tersebut juga untuk mempermudah dalam membuat tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen. Untuk itu, manfaatkan dengan baik untuk menjaga uang saku Anda keluar lebih banyak.

5. Menabung
Menyisihkan sedikit uang saku yang ada, meski yang disisihkan tidak seberapa. Cara ini cukup sederhana, tetapi jika melakukannya setiap hari hasilnya pasti akan banyak. Pada waktu tertentu, hasil dari tabungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli benda-benda yang bisa menghasilkan uang atau kamu bisa membangun usaha kecil-kecilan.

6. Lakukan Perbandingan Harga
Saat ingin membeli sesuatu, lakukan perbandingan terlebih dahulu. Lihat harga dan bandingkan harga tersebut di toko lain. Apakah lebih murah atau bahkan lebih mahal, sehingga Anda bisa melihat toko mana yang mempunyai harga lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa memilih barang yang mempunyai harga lebih murah dengan kualitas sama. Di samping itu, Anda juga bisa menawar terlebih dahulu untuk barang pilihan Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar uang saku tetap hemat. Tabung sisa uang saku Anda dan gunakan sesuai keperluan. Dengan cara menabung sejak dini juga bisa melatih untuk menabung dalam jangka seterusnya. Biasakan memiliki tabungan, meskipun dalam bentuk uang koin. Cara tersebut bisa melatih Anda agar tetap memiliki kebiasaan menabung. Hal itu nantinya juga bermanfaat untuk diri Anda sendiri.

Sumber : Kompas.com