1. Memahami kisi-kisi Ujian Nasional

Mengingat Ujian Nasional yang tinggal sebentar lagi, sepertinya tidak efektif jika kamu harus membaca seluruh materi di semua buku yang pernah dipelajari di sekolah. Sebaiknya, kamu pahami standar kompetensi lulusan (SKL) untuk memudahkan proses belajar dan mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari.

Kamu bisa mendapatkan kisi-kisi Ujian Nasional 2018 ini di website resmi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

 

2. Berlatih soal-soal Ujian Nasional tahun sebelumnya

Squad, kalian pasti tahu ‘kan pepatah “bisa karena terbiasa”. Percuma saja jika kamu hanya membaca atau menghafal materi tanpa membiasakan diri mengerjakan soal. Biasakan untuk langsung mengerjakan soal latihan begitu selesai mempelajari materi. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengukur pemahamanmu.

Jika belum bisa menjawab soal-soal tersebut, berarti kamu belum siap untuk menghadapi ujian. Apalagi sekarang ini sudah makin banyak contoh-contoh soal UN yang mudah didapat, tidak hanya di toko buku tetapi juga internet. Cobalah untuk mengerjakan berbagai tipe soal, agar saat UN nanti kamu dapat mengerjakannya dengan lancar dan tidak kebingungan lagi.

 

3. Membuat ringkasan

Salah satu cara belajar yang sudah terkenal ampuh adalah dengan membuat ringkasan atau jembatan keledai. Kalau hanya belajar dari buku cetak dan catatan guru saat mengajar saja, bisa-bisa kamu akan kesulitan jika harus mengerjakan soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang mendalam.

Nah, untuk mengerti konsep dengan menyeluruh kamu dapat mencoba membuat mind-mapping atau ringkasan. Apalagi jika ringkasan ditambahkan dengan gambar visual, diagram, tabel, atau kategorisasi warna yang berlainan. Hal ini dapat membantu otak mencerna informasi dengan lebih mudah.